TIPS MERANSANG BAYI SUPAYA MERANGKAK

/
0 Comments

Adakah anak anda masih belum merangkak setelah berumur 8 bulan?  Anda memang harus risau apabila bayi tidak merangkak atau cara merangkaknya tidak betul hingga usia 8 bulan. Tidak pandai merangkak disebabkan oleh berbagai faktor, mungkin dari malnutrisi, obesiti, kurang stimulasi merangkak, hingga kelewatan perkembangan, kelainan gerakan kasar, gangguan keseimbangan dan lainnya. 

Berikut, adalah tips merangsang bayi agar cepat merangkak.

  • Selalu meniarapkan (tummy timebayi sejak kecil, ini akan merangsangnya untuk mengangkat tubuh, mengangkat kepala dan bergerak dengan perutnya, yang merupakan ransangan mereka bakal merangkak.



  • Hindari baby walker dan sering turunkan bayi dari stroller atau gendongan untuk diletakkan di ruangan luas dan bersih untuk merangsangnya merangkak. Sediakan alas atau karpet yang tidak mempunyai benda-benda berbahaya.



  • Letakkan mainan di hadapan bayi. Mainkan agar dia tertarik meraihnya, tepuk tangan atau beri pujian meski bayi baru bisa menggeser posisi sedikit dnegan perut atau malah mundur ke belakang. Jika ia berhasil meraioh mainan, beri pujian ia pintar.



  • Sediakan mainan yang ‘mempromosikan’ merangkak, seperti drum yang boleh berpusing-pusing, bola atau mainan yang boleh memantul.  Bayi suka ‘mengejar’ benda yang menarik hatinya.



  • Beri ia contoh, maka merangkaklah bersama bayi. (don't shy beb)



  • Tidak terburu-buru distimulasi untuk berjalan (berdiri, bertaktih).



  • Urutan, senam, fisioterapi karena adakalanya stimulasi saja tidak cukup untuk mengembangkan kemampuan merangkak. Consult your doctor .



Bila bayi merangkak dengan cara kurang tepat, misalnya bear crawl atau merangkak dengan kedua kaki diluruskan, maka harus dibetulkan.  Bila bayi mengesot, mungkin karena otot-ototnya lemah sehingga dia tidak pandai mengangkat perut. Hal ini banyak dialami anak yang mengidap sindroma down.  Fisioterapi dapat membantu memperbaiki keterlambatan atau gangguan merangkak dengan cara meningkatkan kemampuan motorik kasar bayi secara  khusus, membantu meningkatkan koordinasi, stabilisasi dan keseimbangan, mencegah dan memberbetulkan kelainan bentuk tubuh anak anda. 

Semoga bermanfaat.

Xoxo,
Marjiana Sani





You may also like

Post a Comment
copyright by www.marjianasani.com. Powered by Blogger.